Indahnya berbagi

Rabu, 03 Oktober 2012

Mencegah Perut Bayi Berisi Udara (Kembung)


Seringkali terjadi, anak yang masih bayi menolak untuk diberi susu, bahkan gumoh. Banyak yang menduga bahwa anak sudah kenyang kebanyakan minum padahal belum banyak minum. Setelah diraba ternyata perut anak kembung berisi udara.
Hal demikian inilah yang menjadikan para orang tua merasa cemas karena bayinya mengalami gumoh setelah diberi susu atau makanan. Ini masih bisa dianggap normal selama gumoh tersebut tidak diikuti kelainan yang lain.
Tidak jarang bayi yang meskipun belum diberi ASI maupun susu botol, perutnya sudah penuh dengan udara. Keadaan ini mengakibatkan bayi menolak untuk minum susu baik ASI maupun susu botol.
Banyak yang tak menyadari terkadang bayi saat menyusu, udara juga turut tersedot masuk ke perut bayi dalam jumlah besar. Dan ada pula yang terjadi pada saat bayi berusaha mengisap botol susu yang telah kosong.
Kalau bayi tidak dapat bersendawa, maka udara yang ada di dalam perutnya akan keluar bersamaan dengan sedikit susu. Keadaan inilah yang banyak menyebabkan terjadinya gumoh pada bayi kita.
Penyebab lain adanya perut kembung bayi adalah karena lubang dot botol yang terlalu kecil atau terlalu lama menetek pada ibunya. Kalau ternyata lubang dotnya terlalu kecil, maka bayi akan berusaha terus menghisap botol tersebut dengan kuat sehingga yang terhisap adalh udara.
Cara mencegah supaya udara tak masuk ke dalam perut bayi yakni dengan memegang bayi dalam posisi tegak, kemudian bayi diletakkan di bahu. Tepuk-tepuklah punggung bayi dengan lembut sampai ia bersendawa.
Cara lainnya tentu saja dengan membuat lubang dot tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Jangan pula membiasakan bayi terus “ngempeng” botol atau payudara yang telah kosong.
Demikian, semoga bermanfaat….

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda