Teknik Penyusunan Kisi-kisi Soal Test
Apa Itu Kisi-kisi?
Kisi-kisi adalah format yang dapat berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi test. Penyusunan Kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Tanpa adanya Indikator dalam kisi-kisi tidak dapat diketahui arah dan tujuan setiap soal.
Syarat Kisi-kisi yang Baik
Kisi-kisi soal test harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:
Komponen-komponen yang biasa digunakan dalam penyusunan kisi-kisi Soal Test adalah sebagai berikut:Kisi-kisi adalah format yang dapat berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi test. Penyusunan Kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Tanpa adanya Indikator dalam kisi-kisi tidak dapat diketahui arah dan tujuan setiap soal.
Syarat Kisi-kisi yang Baik
Kisi-kisi soal test harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:
- Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
- Komponen-komponennya rinci, jelas dan mudah dipahami.
- Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan.
- Jenis Sekolah/Jenjang Sekolah
- Program/Jurusan
- Bidang Studi/Mata Pelajaran
- Tahun Ajaran
- Kurikulum yang diacu
- Alokasi Waktu
- Jumlah soal
- Bentuk Soal
- Tujuan Pembelajaran
- Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
- Uraian Materi
- Bahan Kelas
- Jumlah soal untuk PB/SPB
- Indikator
- No Urut Soal
Langkah-Langkah Penyusunan Kisi-kisi Soal Test
Lankah pertama adalah menentukan Komponen-komponen yang perlu dimasukkan ke dalam kisi-kisi. Kedua, memasukkan semua komponen tersebut ke dalam suatu format atau matriks.
Salah satu contoh format yang digunakan adalah sebagai berikut:
KISI-KISI SOAL MID SEMESTER GASAL
MTs NU KEDUNGWARU KUNDURAN BLORA
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Jenis
sekolah : MTs Alokasi
Waktu :
90 Menit
Kelas
: VIII Jumlah
Soal :
25 PG dan 5 Essay
Mata
Pelajaran : Matematika Penyusun : Fahrur Azis, S.Pd.I
Kurikulum
: KTSP
No.
Urut
|
Kompetensi Dasar /
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
No. Soal
|
1.
2.
dst
|
1.1 Melakukan operasi aljabar
|
Suku
pada bentuk aljabar
|
Menentukan koefisien pada bentuk aljabar
|
PG
|
1
|
Penggunaan Komponen-komponen tersebut disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan jenis dan tujuan test yang akan disusun.
Label: Ilmu Pendidikan, Pendidikan
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda