Indahnya berbagi

Senin, 22 Oktober 2012

Cara Memberikan Obat-obat Tetes pada Bayi

Anak-anak khususnya balita (bayi) biasanya masih rentan akan penyakit yang menyerang. Ada beberapa macam cara dokter dalam memberikan resep obat, salah satunya obat tetes. Obat tetes ini biasanya untuk mata, hidung dan telinga. Para orang tua sering mengalami kesulitan dalam memberikan obat tetes ini.

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan dalam memberikan obat tetes pada bayi:

Mata
Dalam memberikan obat tetes mata, miringkan sedikit kepala bayi, sehingga mata yang perlu ditetesi (yang sakit) berada di bawah. Dengan cara ini tetesan obat tidak mengalir ke mata yang tidak sakit. Perlahan-lahan tariklah kelopak mata bagian bawah, agar obat tetes dapat mengalir dengan mudah.

Hidung
Untuk memberikan obat tetes hidung, tengadahkan sedikit kepala bayi. Perlahan-perlahan teteskan obat ke setiap lubang hidung. Hitunglah jumlah tetesan yang masuk ke hidung. Dua atau tiga tetes biasanya sudah cukup.

Telinga
Untuk memberikan obat tetes telinga, baringkan anak pada salah satu sisi dengan lubang telinga yang sakit berada di atas, teteskan obat ke dalam lubang telinga yang sakit. Peganglah terus bayi atau anak, sampai obat benar-benar masuk ke dalam lubang telinga bagian dalam.

Dan yang perlu kita ketahui akan obat tetes ini adalah jangan sentuhkan botol obat tetes ini pada mata, hidung dan telinga. Hal ini dapat menyebabkan berpindahnya bakteri masuk ke dalam botol obat.

Perhatikan pula jangka waktu penggunaan obat tetes. Pemakaian obat tetes yang telah melewati batas waktu dapat memperburuk pandangan dan menambah parah kondisi yang sedang diobati.

Label: ,

1 Komentar:

Blogger Unknown mengatakan...

Bagi sebagain besar masyarakat membersihan kuping dengan cotton bud yang justru mendorong kotoran telingan. Sebagaiknya gunakan obat tetes telinga di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan

20 April 2015 pukul 03.19

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda