Indahnya berbagi

Jumat, 26 Oktober 2012

Pertolongan Pertama pada Anak Mimisan

Sering kita melihat beberapa anak kecil ada yang mengalami mimisan, padahal menurut pemeriksaan dokter tidak menderita suatu penyakit. Hal ini diharapkan sebaiknya tidak mengorek-ngorek lubang hidung. Ada beberapa hal yang membuat para orang tua panik, yaitu pada waktu anak dalam perjalanan tiba-tiba anak mengalami mimisan, mengeluarkan darah dari lubang hidung.
Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memberikan pertolongan pada anak yang mengalami mimisan:
Dalam keadaan darurat, pada saat perjalanan berkendara. lakukan tindakan tanpa alat khusus. Bersihkan bekuan darah dari lubang hidung. kemudian tekan/jepit rapat hidung dengan jari tangan selama 5 menit dan minta anak bernafas melalui mulut.
Perhatikan posisi anak, dalam keadaan duduk bersandar, kepala sedikit menunduk ke depan sangat membantu mencegah mengalirnya darah ke bagian belakang, sehingga tidak mencegah terjadinya batuk atau muntah akibat tertelannya darah.
Coba lepaskan tekanan pada hidung setelah 5 menit, apabila darah masih keluar tekan lagi 10 menit. Dan apabila masih keluar lagi, carilah sesuatu yang dapat menyumbat lubang hidung, misal kain kasa/sapu tangan yang bersih.
Letakkan kain dalam rongga hidung agar dapat menekan selaput lendir sekat rongga hidung. Dan periksakan ke dokter.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda